Kala itu dengan kesibukkanmu


Aku duduk. Diam. Tertunduk dengan tatapan agak kosong. Tidak ada perbincangan yang terlalu penting untuk dibicarakan kala itu dengan siapapun di sekitarku. Namun ketika itu kamu datang. Kamu duduk di sampingku menoleh ke arahku. Tak ada sepatah katapun yang kamu lontarkan. Kamu melihat orang-orang. Melihatnya dengan tajam. Entah apa yang ada di alam pikirmu waktu itu. Tapi kamu sibuk dengan apapun itu, yang aku sebutkan tadi.

Apalah kamu yang mengganggu ketenanganku di kala itu. Buyarkan tatapan agak kosongku. Kenikmatan tundukanku di alam sendiriku. Kesibukanmu yang membawaku dalam ketidaktenanganmu. Apa yang sesungguhnya membuatmu tidak tenang? Padahal awalnya kamu mengikuti kenikmatanku dalam duduk di sampingku. Tapi apa yang mengganggumu? Ketergangguanmu pun membawaku cukup menggangguku. Ketidakpedulianku apakah belum cukup menunjukkan padamu? Namun sayangnya aku tidak begitu..

Aku tidak bisa secara mentah-mentah menggamblangkan pernyataan isi hatiku padamu tentang ketidakpentingan atas kesibukkanmu. Namun kamu dengan gamblang seolah tidak peduli dengan kenikmatanku kala itu. Tolong, sebutkan motivasimu untuk hal itu. Kamu yang terlalu peduli dengan kesibukkanmu. Apa itu kesibukkanmu? Terhadap orang-orang yang tak kau kenal namun kau seolah mengenalnya secara mendalam. Terhadap dirimu sendiri yang terlalu engkau kenali sehingga orang lain pun dipaksa untuk mengenalmu lebih dalam. Apa itu saja?

Sesungguhnya aku ingin melepas ketidakpentinganmu atas kesibukkanmu itu padaku. Kembalikan aku kepada kenikmatanku kala itu. Ketika aku duduk terdiam tanpa seorangpun datang mengganggu. Pergilah dengan segudang apapun kesibukkanmu!

Aku, yang kau ganggu kala itu dengan ketersibukkanmu.

Leave a Reply

