Multi Touch Screen

Multi Touch Screen

 

MultiTouch Screen atau layar multi sentuh adalah pengembangan dari teknologi layar sentuh yang sudah ada. Dari arti kata “multi” yang berarti banyak, sudah terlihat bahwa keunggulan layar sentuh ini dapat disentuh oleh lebih dari satu jari. Dalam komputasi, multi-touch mengacu pada (trackpad atau touchscreen) kemampuan permukaan sentuh penginderaan untuk mengenali adanya dua atau lebih titik kontak dengan permukaan.

Layar multi sentuh ini mampu disentuh oleh puluhan jari dari orang yang berbeda-beda secara bersamaan. Multi touch screen merupakan monitor yang dapat menangkap lebih dari 1 titik koordinat yang bisa memberikan action kepada aplikasi program. Teknologi ini telah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan IT besar di dunia, seperti Apple, Microsoft, Google, dll.

Teknologi ini biasanya kita jumpai dibeberapa gadget, seperti smartphone, dan komputer tablet. Teknologi ini sangat lekat pada salah satu brand IT terbesar di dunia, yaitu Apple. Apple telah menerapkan teknologi ini semenjak produk iPod Touch diluncurkan. Produk yang memiliki multitouch screen ini memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya. hanya dengan menggerakkan dua jari untuk membesarkan dan memperkecil gambar, dan hanya dengan menggeserkan layar halaman pada gadget tersebut maka kita sudah bisa berpindah ke halaman berikutnya. Hal yang sering digunakan untuk mengimplementasikan fungsi canggih seperti pinch to zoom atau mengaktifkan program yang telah ditetapkan.

Layar multi sentuh ini dapat digunakan untuk membesarkan, mengecilkan, mengubah posisi, dan memindahkan posisi objek pada layar monitor seperti foto atau games. Layar multi sentuh ini biasa digunakan pada handphone, komputer, MP3 player, dan sebagainya.

Screen yang mendukung layar muti sentuh salah satunya adalah capacitive screen. Device dengan capacitive screen tidak bekerja dengan ditekan, screen jenis ini mengandalkan sensor electrode konduktor, seperti jari tangan kita. Layar capacitive ini tetap bagus dilihat dibawah sinar matahari. Cukup dengan sentuhan ringan langsung dapat mengaktifkan screen. Capacitive screen ini tidak berpengaruh jika kondisi layar kotor. Sayangnya harga layar capacitive ini lebih mahal dari resistive screen.

Referensi :

http://www.proweb.co.id/articles/web_design/generasi_multitouch_screen.html

http://memantau.blogspot.com/2012/04/cara-kerja-touch-screen.html

http://www.kebojantan.com/2011/08/perbedaan-resistive-touchscreen-dan.html

One thought on “Multi Touch Screen

  1. Pingback: Touchscreen | Un, Deux, Trois.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s