PhoneGap

  • Apa itu PhoneGap?

PhoneGap disebut juga dengan nama Apache Callback, tapi sekarang lebih sering disebut dengan Apache Cordova adalah developmen framework mobile yg bersifat open source yang diproduksi oleh Nitobi, dan dibeli oleh Adobe Systems. Hal ini memungkinkan perangkat lunak programmer untuk membangun aplikasi untuk perangkat mobile menggunakan JavaScript, HTML5 dan CSS3, bukan tingkat rendah lagi seperti bahasa Objective-C.

Aplikasi yang dihasilkan PhoneGap bersifat hibrida, yang berarti bahwa mereka tidak benar-benar asli (semua rendering tata letak dilakukan melalui WebView bukan kerangka asli UI platform) atau murni berbasis web (mereka tidak hanya aplikasi web tetapi dikemas untuk distribusi AppStore, dan memiliki akses ke bagian dari perangkat antarmuka aplikasi pemrograman).

PhoneGap merupakan implementasi open source dari standar terbuka. Itu berarti pengembang dan perusahaan dapat menggunakan PhoneGap untuk aplikasi mobile yang bebas, komersial, open source, atau kombinasi dari semuanya.

 

  • Sejarah PhoneGap

PhoneGap pertama kali dikembangkan di sebuah acara iPhoneDevCamp di San Francisco. PhoneGap kemudian memenangkan People’s Choice Award pada tahun 2009 di Konferensi Web O’Reilly Media 2.0 dan framework-nya telah digunakan untuk mengembangkan banyak aplikasi.

Nitobi adalah pencipta asli dan merupakan salah satu kontributor utama untuk framework PhoneGap, tetapi ada komunitas global yang luas yang juga berkontribusi untuk proyek, termasuk banyak dari IBM, RIM dan Microsoft. PhoneGap memiliki komunitas yang menarik dan aktif yang terbuka, transparan dan kolaboratif.

Framework dari PhoneGap digunakan oleh beberapa platform aplikasi mobile seperti Worklight,  dan appMobi sebagai tulang punggung mesin pengembangan mobile klien mereka. Adobe resmi mengumumkan akuisisi Software Nitobi (pengembang asli PhoneGap) pada tanggal 4 Oktober 2011. Bersamaan dengan itu, kode PhoneGap disumbangkan untuk Apache Software Foundation untuk memulai sebuah proyek baru yang disebut Apache Cordova karena nama proyek aslinya yaitu Apache Callback, dipandang sebagai terlalu umum.

 

  • Ø Sekilas tentang Apache Software Foundation

 

Kode PhoneGap disumbangkan untuk Apache Software Foundation (ASF) di bawah nama Apache Callback pada bulan Oktober 2011. Hal ini sedang dalam inkubasi hingga dapat menjadi proyek penih dari Apache. Melalui ASF, masa depan pengembangan PhoneGap akan memastikan kepengurusan proyek terbuka. Hal ini akan selalu tetap gratis dan open source di bawah Lisensi Apache, Versi 2.0.

  •  Mengapa Harus PhoneGap?

Dalam  membangun aplikasi untuk setiap perangkat mobile seperti iPhone, Android, Windows Mobile dan banyak lagi dibutuhkan framework dan bahasa yang berbeda. Suatu hari, para pemain besar di mobile dapat memutuskan untuk bekerja sama dan menyatukan pembangunan proses aplikasi pihak ketiga. Sampai saat itu, PhoneGap akan menggunakan standar berbasis teknologi web untuk menjembatani aplikasi web dan perangkat mobile.

Sejak memenangkan Web 2.0 Expo kompetisi Launchpad pada bulan April 2009, PhoneGap telah banyak diakui sebagai game changer untuk pengembangan aplikasi mobile. Kodenya telah diunduh lebih dari 600.000 kali dan ribuan aplikasi dibangun menggunakan PhoneGap yang tersedia di toko aplikasi mobile dan direktori.

 

Dengan PhoneGap anda bisa :

• Memanfaatkan HTML5 dan CSS3
• Menggunakan JavaScript untuk menulis kode Anda
• Mengakses Fitur Native
• Menyebarkan aplikasi Anda untuk beberapa Platform
• Memanfaatkan PhoneGap Build
• Menambahkan Plugin PhoneGap untuk proyek Anda
• Mengunakan Tools dari komunitas
• Mendapatkan bantuan dari komunitas yang berkembang

 

  • Bagaimana PhoneGap Bekerja?

 Framework mobile memungkinkan pengembang web untuk secara native menargetkan semua smartphone dengan kode tunggal dasar (JavaScript, HTML dan CSS) dengan mengaktifkan Foreign Function Interface (FFI) ke WebView tertanam WebKit atau pada perangkat. Ketika PhoneGap awalnya didownload PhoneGap merupakan demo aplikasi telepon yang terdiri dari native wrapper (yang Menginisialisasi aplikasi telepon dan kemudian me-load WebView) dan beberapa demo / helloworld html dan file javascript.

Ada beberapa tahap dalam penggunaan PhoneGap:

 

• Bangun aplikasi Anda sekali dengan web standar

Berdasarkan HTML5, PhoneGap memanfaatkan teknologi web pengembang sudah tahu yang terbaik, HTML dan JavaScript.

• Gunakan dengan PhoneGap

Dengan menggunakan framework  open source gratis atau PhoneGap Build, Anda bisa mendapatkan akses ke API native.

• Sebarkan untuk berbagai platform

PhoneGap menggunakan standar berbasis teknologi web untuk menjembatani aplikasi web dan perangkat mobile

  • Fitur-fitur PhoneGap

Platform-platform yang mendukung PhoneGap:

– Symbian

– Android

– iOS

– BlackBerry

– Windows Phone

– webOS

– badaOS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s