Pemodelan pintu otomatis

Kasus : Pemodelan sebuah sistem pintu otomatis dengan perilaku sistem adalah pintu akan membuka jika kode identifikasi cocok dengan yang ada di dalam database, jika tidak sesuai maka pintu akan tetap mengunci. Apabila melakukan kesalahan sebanyak tiga kali dalam memasukan kode, maka akan membangkitkan alarm.

Dalam kasus pembuatan pengaman pintu otomatis di atas ada beberapa tahap-tahap dalam pembuatan prototipe-nya (dalam hal ini pengaman pintu otomatisnya menggunakan kunci digital) :

Proses Memasukkan Kunci digital melalui Keypad.

Pada sistem ini keypad  digunakan sebagai media untuk memasukkan data pada pengendali mikro sehingga kunci digital dapat diproses oleh pengendali mikro sesuai dengan yang telah diprogram. Pengguna yang salah memasukkan kode kunci digital dapat memasukkan kembali kunci digital yang benar sebanyak tiga kali berturut. Apabila pengguna salah dalam memasukkan kunci digital sebanya tiga kali, maka pengendali mikro akan mengaktifkan alarm.

Apabila pengguna tidak mencoba memasukkan kembali kunci digital atau pengguna langsung pergi setelah dua kali terjadi kesalahan memasukkan kunci digital, maka setelah beberapa detik pengendali mikro akan reset secara otomatis sehingga pemasukan kunci digital berikutnya dihitung sebagai hitungan pertama kembali sehingga alarm tidak akan bunyi. Proses aktifnya alarm sangat membantu terjaminnya keamanan dokumen-dokumen dan fasilitas berharga yang ada dalam ruangan. Aktifnya alarm ini menandakan kemungkinan terjadinya pembobolan sehingga pihak keamanan setempat dapat mengambil tindakan cepat. Namun sebaliknya, meminimalisasi aktifnya alarm akan membantu kenyamanan dalam bekerja.

 

Proses Penggantian Kunci digital melalui Keypad

Pada hasil penelitian ini penggantian kunci digital dapat dilakukan langsung melalui keypad tanpa harus melakukan pemrograman ulang. Sama halnya dengan pemasukan kunci digital melalui keypad, penggantian kunci digital juga mencatat kesalahan yang terjadi saat memasukkan kunci digital yang salah. Jika terjadi kesalahan dalam memasukkan kunci digital tiga kali berturut-turut maka penggantian kunci digital gagal dan alarm akan bunyi. Proses penggantian kunci digital dilakukan dengan cara memasukkan kunci digital yang lama terlebih dahulu. Jika pemasukan kunci digital yang lama telah benar maka dilanjutkan dengan memasukkan kunci digital yang baru. Kunci digital baru yang telah dimasukkan akan dikonfigurasikan terlebih dahulu apakah sudah benar atau belum. Apabila kunci digital yang baru sudah benar maka proses penggantian kunci digital dinyatakan berhasil.

 

Berikut Flowchart nya :

 

Capture

 

Sumber : dari berbagia referensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s