MobiOne untuk iOS dan program sederhananya.

Mengacu pada postingan saya sebelumnya, di sini saya akan membahas tentang MobiOne lebih lanjut, beserta program sederhananya.

Pengenalan iOS

iOS adalah sistem operasi Perangkat keras dari Apple. Awalnya dibuat hanya untuk iPhone, iOS kemudian berkembang hingga bisa mendukung perangkat Apple yang lain seperti iPod touch, iPad dan Apple TV. Apple tidak melisensikan iOS untuk digunakan di perangkat keras lain. Hal ini berbeda dengan Android, yang mana kita bisa menemukannya di berbagai merk perangkat genggam.

Di akhir tahun 2010, iOS memiliki pangsa pasar sebesar 26% di bawah Android milik Google dan Symbian milik Nokia. Pada 31 Mei 2011, di Apple Inc App Store tercatat lebih dari 500.000 aplikasi iOS, yang telah diunduh sebanyak lebih dari 15 juta kali. Untuk bisa menjalankan aplikasi bajakan atau yang tidak tersedia di Apple, Inc App Store, pada umumnya pengguna iOS melakukan aktivitas iOS jailbreaking

Sistem iOS diturunkan dari Mac OS X, yang oleh karenanya memiliki ciri sebagaimana sistem operasi Unix. Antarmuka iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung dengan gerakan multi-sentuh. Respon iOS atas input pengguna bersifat langsung dengan antarmuka yang mengalir halus.

sumber : wikipedia.com

PengenalanMobiOne

MobiOne Studio merupakan salah satu developer tools dariGenuitec. MobiOne Studio memilik sembilan fitur utama yang memudahkan developer dalam mengembangkan aplikasi. MobiOne Studio dapat digunakan bukan hanya untuk membuat aplikasi di iOS namun juga di perangkat mobile lainnya.

Berikut fitur-fitur unggulan MobiOne Studio yang ditawarkan antara lain:

  • Cross Paltform

MobiOne Studio memberikan kemudahan dan pendekatan intuitif dalam menggunakannya. “Write once, run anywhere” demikian prinsip kerjanya. Dengan fitur ini sekali kita membuat aplikasi menggunakan MobiOne Studio, kita dapat mengimplementasikannya baik di iOS maupun Android. Aplikasi MobiOne memiliki kemampuan untuk auto-scale user interface yang dipakai untuk menyesuaikan ukuran screen pada perangkat smartphone ataupun tablet yang berbeda.

MobiOne dibangun menggunakan HTML5 hybrid-native application dengan bermodel pada  Cordova/PhoneGap ™ framework.

  • WYSIWYG, What You See Is What You Get

Melalui Visual User Interface Designer, kita dapat dengan mudah melakukan drag and drop WYSIWYG editor. Disini dapat dilakukan tata letak dan pengaturan User Interface secara interaktif. Pengujian cross platform user interface antara mobile device yang ada baik iOS atau yang lainnya dapat dilakukan dengan mudah. Termasuk juga uji rotasi layar.

Sumber : http://www.hakaonline.net

Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai MobiOne, berikut contoh sederhana dari MobiOne, dapat diunduh disini

Atau untuk tutorial lebih lanjut, klik https://www.genuitec.com/mobile/docs/mobione_quickstart/quickstart.html#introduction

2 thoughts on “MobiOne untuk iOS dan program sederhananya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s