Membuat Database Menggunakan Arraylist pada Android

Arraylist adalah sebuah class yang sama dengan Vector dan memiliki fungsi yang hampir sama dengan Vector, namun perbedaannya terletak pada metode yang dimiliki oleh Arraylist. Berbeda dengan Vector, pada Arraylist setiap metode tidak diberi keyword “synchronized”, sehingga ketika dieksekusi dalam Thread, hal ini dapat mengakibatkan unsafe Thread, alias dapat terjadi tubrukan Thread ketika Thread mencoba untuk memanggil metode Arraylist. Namun bukan berarti Arraylist tidak berguna, karena tak adanya keyword “synchronized” pada metode Arraylist maka untuk menjalankan metode yang ada pada Arraylist membutuhkan waktu yang lebih singkat dari pada menjalankan metode yang ada pada Vector.

Kesimpulannya jika kita ingin membuat array dinamis yang dijalankan menggunakan Thread, maka gunakanlah Vector, sedangkan jika memang proses yang kita butuhkan tidak menggunakan Thread, maka gunakanlah Arraylist agar proses pengolahan array dinamis lebih cepat.

Berikut Tampilan dari aplikasi Arraylist pada Android :

andro2

Untuk mengetahui langkah-langkah pembuatannya, dapat di download di sini

Aplikasi “Membuat Database Sederhana Menggunakan Arraylist pada Android” ini dibuat oleh : Ahmad Ramdhani  – Teknik Sistem Komputer Undip Angkatan 2010

2 thoughts on “Membuat Database Menggunakan Arraylist pada Android

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s