Metamorfosis Laporan Praktikum

6 Semester sudah saya bergelut dalam kancah perkomputeran di Teknik Sistem Komputer Undip. Banyak ilmu, pelajaran, pengalaman, teman, serta keluarga saya dapatkan di sana. Termasuk pengalaman mengikuti mata kuliah praktikum.

Kenapa praktikum? Ya. Karena kita mahasiswa pasti akan bergelut dengan yang namanya laporan. Dan laporan biasanya identik dengan praktikum. Budaya membuat laporan praktikum sudah ada sejak lama di suatu universitas. Walaupun begitu, saya tertarik untuk mengangkat tema ini khususnya praktikum yang ada di kampus saya, kampus Teknik Sistem Komputer. Nah dalam 5 semester ini beberapa mata kuliah praktikum telah saya ambil. Diantaranya adalah:

Praktikum Dasar Komputer dan Pemrograman

Laporan Dasar Komputer Pemrograman

Laporan Dasar Komputer Pemrograman

 

Praktikum Dasar Komputer dan Pemrograman saya dapatkan di semester kedua. Praktikum ini sangat sangat sangat mengesankan bagi saya pribadi. Kenapa? Karena praktikum ini merupakan praktikum ‘opening‘ untuk saya dan kawan-kawan saya 1 angkatan mengingat kala itu masih semester 2, walaupun sudah tidak dipanggil ‘maba’ lagi, hehe. Lihat saja ketebalan halamannya :’) opening yang sangat mengesankan bukan?  :’)


Praktikum Sistem Digital

Making Laporan Sistem Digital - 3

Laporan Sistem Digital

Making Laporan Sistem Digital - 2

Laporan Sistem Digital (2)

Making Laporan Sistem Digital - 1

Laporan Sistem Digital (3)

 

Praktikum selanjutnya adalah praktikum Sistem Digital. Praktikum ini saya ‘hadapi’ di semester selanjutnya yaitu semester 3. Sudah tingkat 2 nih kuliahnya. Sudah terbiasa dong sama laporan? Jawabannya belum! Mengapa? Karena laporan praktikum sistem digital ini dibuat dengan cara tulis tangan :’) Berbeda dengan Laporan Dasar Komputer dan Pemrograman yang dibuat dengan cara diketik.

Lihat gambar yang di tengah, saya membandingkan laporan saya hampir setebal bungkus kardus reffil tinta :’) Walaupun tidak setebal laporan Dasar Komputer dan Pemrograman, tapi tetap saja, menurut saya pengorbanan menulis tangan itu sangat patut diacungi cendol eh jempol :’)


 

Laporan Triple Shot

SDL,mikro,interface

Laporan SDL, Mikro, dan Interface

 

Beranjak ke semester 4, saya sebenarnya ‘agak’  dikejutkan dengan mata kuliah praktikum saya yang bukan 1 atau 2 lagi melainkan 3 mata kuliah praktikum yang saya ambil, oleh karena itu saya menamakannya dengan ‘Triple Shot’.

Sebenarnya di semester ini hanya ada 2 mata kuliah praktikum, yaitu praktikum Mikroprosesor dan praktikum Interface and Peripheral. Namun karena saya ada sisa 1  SKS, maka saya memutuskan untuk mengambil 1 SKS lagi yaitu praktikum Sistem Digital Lanjut yang sebenarnya ada di semester 6.

Keputusan itu bukan main-main. Saya memikirkannya dengan matang bersama teman-teman saya. Karena 3 praktikum sekaligus dalam 1 semester itu bukan hal yang mudah dilalui mengingat 1 praktikum saja saya sudah ‘keteteran’ hehe. Tapi dengan keyakinan saya dan teman-teman saya, akhirnya kami memutuskan untuk mengambil praktikum tersebut B)

Praktikum Sistem Digital Lanjut

Making Laporan SDL

Laporan SDL (1)

Laporan Sistem Digital Lanjut

Laporan SDL (2)

tumpukan laporan SDL

Tumpukan laporan SDL

 

Praktikum di semester 4 yang akan saya bahas pertama adalah praktikum Sistem Digital Lanjut. Jadwal dimulainya praktikum ini yang pertama, jadi saya mau bahas praktikum ini terlebih dahulu. Hehe.

Praktikum ini menurut saya praktikum yang gampang-gampang susah. Gampang karena kita mengerjakannya secara berkelompok hingga 5 orang. Tidak seperti pada praktikum-praktikum sebelumnya, 1 kelompok hanya terdiri dari 3 orang. Susah karena jelas ini adalah praktikum yang ada di semester 6, sementara waktu itu saya ada di semester 4, susah juga karena terdiri dari bab yang tidak sedikit, yaitu ada 12 bab. Hal itu membuat jangka waktu praktikum terbilang lebih lama dari praktikum-praktikum sebelumnya walaupun dibuat dengan cara diketik.

Seiring berjalannya minggu, akhirnya terselesaikanlah laporan Praktikum Sistem Digital Lanjut yang terdiri atas 12 bab itu (belum termasuk Bab Pendahuluan dan Bab Penutup). Kita akhirnya mengabadikan perjuangan kita dalam sebuah foto bareng Laporan Sistem Digital Lanjut :’)

foto bareng laporan SDL

Foto bareng laporan SDL

with laporan sdl

Foto bareng laporan SDL (2)

Praktikum Interface dan Peripheral

Laporan interface dan Peripheral

Laporan interface dan Peripheral

 

Beranjak ke praktikum selanjutnya di semester 4 adalah praktikum Interface dan Peripheral. Praktikum ini menurut saya praktikum yang lumayan. Iya, lumayan. Praktikum ini dilakukan bersamaan dengan praktikum Mikroprosesor. Praktikum Interface dibuat dengan cara diketik, namun praktikum mikroprosesor dikerjakan dengan cara tulis tangan. Perpaduan yang sangat lumayan bukan? :’) ( Silahkan menyimpulkan sendiri lumayan apa, hehe).

Praktikum interface dan peripheral terdiri atas 6 bab yang seluruhnya dikerjakan dengan ketikan komputer. Praktikum ini juga dikerjakan secara berkelompok yang terdiri dari 6 orang. Menurut saya praktikum interface dan peripheral ini juga cukup cukup sangat mengesankan bagi saya. Karena tampilan ‘baju’ nya yang seragam dengan jaket angkatan saya :””) dengan tulisan yang semula intruksi yang diberikan oleh asisten mengharuskan dengan warna tulisan pada cover adalah putih, namun karena memang tidak tersedia tinta yang berwarna putih, alhasil alternatif nya adalah berwarna perak atau silver :’) Proses penjilidannya pun tidak mudah, orang yang bekerja di tempat penjilidan mengaku kesusahan dengan format desain penjilidan seperti ini sehingga mereka harus mengulang terus proses penjilidan sampai sesuai dengan format aslinya.

Setelah melalui proses panjang, maka jadilah laporan praktikum saya, dan akhirnya saya dan teman-teman saya seprti biasa melakukan foto bareng laporan Praktikum Interface dan Peripheral :’)

foto bareng laporan interface

Foto bareng laporan interface

foto bareng laporan interface-2

Foto bareng laporan interface (2)

Praktikum Mikroprosesor

Laporan Mikro

Laporan Mikroprosesor

Laporan Mikroprosesor

Laporan Mikroprosesor (2)

 

Praktikum mikroprosesor seperti yang telah disinggung sebelumnya, merupakan praktikum yang dilaksanakan secara bersamaan dengan praktikum Interface dan Peripheral. Laporan pada praktikum ini pengerjaannya adalah dengan cara tulis tangan. Berkesan. Sekali. Kenapa? Terdiri atas 9 bab itupun belum termasuk bab pendahuluan, bab penutup, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, dan lain-lain yang kesemuanya dilakukan dengan cara tulis tangan  :’)

Banyaknya bab pada laporan ini membuat saya agak keteteran. Bayangkan saja, ternyata laporan ini juga di mix dengan hasil gambar print out dari hasil percobaan, otomatis tingkat ‘keribetannya’ bertambah menjadi sekian persen, disamping kita harus mencetak gambar, kita juga harus menuliskan laporannya. Posisi antara letak print out gambar dan tulisan tangan harus pas. Jadi ada variasi bumbu tantangan di dalam pengerjaan laporan mikroprosesor ini daripada laporan-laporan sebelumnya :’)

Making Laporan Mikroprosesor-2

Pengerjaan Laporan Mikroprosesor

Making Laporan Mikroprosesor

Pengerjaan Laporan Mikroprosesor (2)

 


 

 

Triple Shot part 2

PPB, Jarkom, SBD

Laporan PPB, Jarkom, dan SBD

 

Mengapa Triple Shot part 2?  Karena ternyata sebutan untuk laporan praktikum Triple Shot tidak hanya terjadi di semester 4 saja, melainkan di semester 5 ini juga saya dan teman saya mengalaminya. Ada tiga mata kuliah praktikum saya memang wajib saya ambil di semester ini, diantaranya adalah Praktikum Sistem Basis Data, Praktikum Jaringan Komputer, dan Praktikum Pemrograman Perangkat Bergerak. Ketiganya dikerjakan dengan cara diketik, sehingga keadaan berjalan lumayan aman. Hehe.

Praktikum Sistem Basis Data

Laporan SBD

Laporan Sistem Basis Data

 

Praktikum ini merupakan praktikum yang dilaksanakan pertama kali di semester 5. Cukup istimewa praktikum kali ini. Di samping pengerjaannya dengan cara diketik, bab yang harus dikerjakan juga relatif sedikit, tidak seperti praktikum-praktikum sebelumnya.

Pengerjaan laporan dan saat berjalannya praktikum, 1 kelompok terdiri hanya 2 orang sesuai urutan NIM. Pengerjaan laporannya pun termasuk kategori yang ‘woles’ mungkin karena materi nya sedikit, atau kemungkinan-kemungkinan yang lain🙂

Praktikum Jaringan Komputer 1

Laporan Jarkom1

Laporan Jaringan Komputer 1

 

Praktikum jaringan komputer  berbeda dengan metode praktikumnya, yaitu 1 kelompok pada praktikum jaringan komputer adalah kita sendiri alias dikerjakan secara individu. Seperti itulah kurang lebih. Praktikum ini juga lumayan, mengingat pengerjaan yang diketik dan hanya terdiri atas 5 bab, apalagi batas maksimal acc dengan jangka waktu 2 minggu. Harus ACC :’)

Praktikum Pemrograman Perangkat Bergerak

Laporan Pemrograman Perangkat Bergerak - 2

Laporan Pemrograman Perangkat Bergerak

Laporan Pemrograman Perangkat Bergerak

Laporan Pemrograman Perangkat Bergerak (2)

 

Laporan terakhir saya di semester 5 ini adalah praktikum Pemrograman Perangkat Bergerak,  serta mengimplementasikan programnya ke dalam mobile device. Sama seperti Praktikum SBD, cara pembuatan laporan dilakukan dengan cara  diketik, jumlah bab nya pun sama ada 6 bab. Praktikum terdiri atas kelompok beranggotakan 2 orang saja.  Praktikum Pemrograman Perangkat Bergerak ini juga cukup mengesankan karena praktikum dilaksanakan sebelum UAS, dan finishing nya dilaksanakan tepat setelah UAS, jadi pengerjaan laporan harus mengandalkan ilmu manajemen waktu :’)


 

 

Praktikum Jaringan Komputer II

laporan jarkom2

Laporan Jaringan Komputer 2

 

Laporan di semester berikutnya, yaitu semester 6! Praktikum Jaringan Komputer II merupakan trigger dari Praktikum Jaringan Komputer I. Praktikum ini dikerjakan secara berkelompok. tiap kelompok terdiri dari 3 orang, bukan individu lagi seperti praktikum Jaringan Komputer yang pertama. Laporan yang dicetak pun hanya 1 tiap kelompok, bukan individu lagi. Praktikum ini berjalan lebih ringan dari sebelum-sebelumnya, karena yah seperti yang telah kita ketahui, semester 6… Lot of practices, lot of experiences😀

Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak

Program dari Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak

Program dari Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak

 

Praktikum kedua setelah Praktikum Jaringan Komputer II di semester 6 ini adalah Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak. Berbeda denga praktikum-praktikum sebelumnya, hasil akhir dari laporan pada Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak bukan merupakan laporan yang harus dijilid dan dibukukan melainkan hanya sebuah kumpulan dokumen tiap modul yang harus diasistensikan dan dikumpulkan. Menarik. Karena disamping itu, kita juga harus membuat suatu perangkat lunak seperti sistem informasi sesuai dengan topik masing-masing kelompok.

Praktikum Robotika

Lap robot

Laporan robotika

 

Selanjutnya adalah praktikum Robotika. Praktikum ini bisa dikatakan praktikum terakhir di semester 6 karena penjilidan laporan yang benar-benar terjadi pada akhir perkuliahan semester genap pada saat itu. Praktikum robotika merupakan praktikum yang hanya bisa dilaksanakan saat kita telah lulus mata kuliah robotika di semester sebelumnya. Praktikum ini dilakukan secara kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 5 orang. Namun penjilidan laporan dilakukan tetap secara individu.


 

 

Itulah tadi review dari metamorfosis laporan dari mata kuliah praktikum yang pernah saya lalui di semester-semester yang lalu. Laporan praktikum dibuat bukan hanya semata-mata sebagai prasyarat agar nilai praktikum keluar di transkip nilai, tapi benar-benar menjadikan sebuah pelajaran dari proses praktikum yang telah dilakukan.

Laporan praktikum juga disadari atau tidak, dapat melatih kita seorang mahasiswa dalam melakukan manajemen, entah itu manajemen waktu, biaya, tenaga, maupun manajemen manusia atau teman kita sendiri dimana praktikum biasanya dikerjakan secara berkelompok, sehingga dapat melatih softskill kita disamping hardskill yang kita peroleh dari praktikum yang telah dilakukan.

Seluruh proses ini saya nikmati, saya petik ilmunya, dan saya kenang cerita dibaliknya. Hingga tiap saat selesai penjilidan laporan, tak pernah lupa saya mengambil gambar dari laporan yang telah saya buat tersebut. Bukan apa-apa, but i love to do this, i’d love captured anything that interesting, and this is so interesting for me 🙂

Tapi apakah semua yang menarik itu indah?

DSC_0052

But always keep your spirit and sacrifice :’)

Leave a Reply

