Wiimote Review

Wii Remote yang juga dikenal dengan sebutan “Wiimote“, adalah pengontrol utama untuk konsol Nintendo Wii. Fitur utama dari Wii Remote merupakan sensor gerak, yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan memanipulasi benda-benda yang terdapat pada layar melalui pendeteksi gerak dan penunjuk dengan menggunakan teknologi accelerometer dan sensor optik. Fitur lainnya adalah penggunaan Wii Remote dapat dikembangkan melalui penggunaan perangkat tambahan. Perangkat tambahan yang dibundel dengan konsol Wii adalah Nunchuk, yang melengkapi Wii Remote dengan menyediakan berbagai fungsi yang serupa dengan yang ada pada pengendali gamepad. Beberapa perangkat tambahan lainnya termasuk pengendali klasik Wii, Wii Zapper, dan Wii Wheel yang semula digunakan untuk Mario Kart.

Johnny Lee telah memperlihatkan video demo dan contoh kode pada situs web nya terkait dengan penggunaan Wii Remote untuk pelacak jari, low-cost multipoint interactive whiteboards, pelacak kepala untuk menampilkan komputer meja VR. Ini dulunya merupakan subjek untuk presentasinya pada konferensi TED, di mana dia mendemonstrasikan beberapa aplikasi tersebut. Forum WiimoteProject menjadi diskusi, dukungan dan situs berbagi untuk proyeknya Lee Wii Remote dan pengembangan baru lainnya.

Tujuan Penggunaan Wiimote dengan menggunakan “Tracking finger” (Johnny lee) maka aplikasi ini dapat digunakan untuk menggerakkan peta, biasanya kontrol ini dilakukan dengan mouse dan keyboard. Sehingga dengan adanya aplikasi ini maka diharapkan informasi yang adapada peta akan terlihat lebih jelas karena menggunakan 3 Dimensi.

Menggunakan array LED dan beberapa tape reflektif, dapat juga menggunakan kamera inframerah di Wii remote untuk melacak objek, seperti jari-jari, dalam ruang 3D. Hal ini memungkinkan pengguna berinteraksi dengan komputer hanya dengan melambaikan tangan di udara. Wiimote dapat melacak hingga 4 poin secara bersamaan.P erangkat lunak jaringan multipoint adalah C # kustom DirectX program. (Johnny lee)

Wiimote layout

Gambar Wiimote Layout

Tombol pada Wiimote

Ada dua belas tombol ditempatkan pada theWiimote, salah satunya adalah tombol power, yang digunakan untuk mengubah Wiimote menjadi off. Directional pad merupakan sekumpulan empat tombol, digunakan untuk bergerak ke atas, bawah, kiri atau kanan. Kegunaan dari tombol minus dan plus adalah untuk memperbesar atau memperkecil gambar.

Yang terakhir adalah tombol satu, dua, tombol A dan B, yang paling sering digunakan untuk melakukan tindakan dalam game seperti melompat, menyerang atau men-trigger suatu peristiwa. Tombol B ditempatkan di bagian bawah Wiimote sehingga dapat digunakan sebagai pemicu penembakan.

Sensor Infrared

Salah satu inovasi yang paling menarik dari Wiimote adalah sensor inframerah yang tertanam. Sensor ini dapat melacak hingga empat sumber cahaya inframerah. Ada dua metode utama dalam menggunakan sensor IR. Metode normal akan melacak pergerakan Wiimote berdasarkan pada sumber cahaya IR dengan posisi tetap. Hal ini akan memerlukan beberapa konversi perhitungan dalam kode, karena sensor mengukur posisi cahaya relatif terhadap sumber  dari Wiimote, sedangkan nilai yang paling sering dibutuhkan adalah posisi Wiimote yang relatif terhadap sumber cahaya. Bila menggunakan metode ini, Bar pada sensor Wii dapat digunakan sebagai sumber cahaya IR. Atau, Wiimote  dapat ditempatkan di lokasi yang tetap memungkinkan pelacakan dari pergerakan hingga empat sumber cahaya IR. Metode ini bisa disebut metode pelacakan IR terbalik. Metode ini dapat digunakan untuk membuat misalnya sebuah papan tulis elektronik atau fungsi head-tracking, seperti yang telah ditunjukkan oleh Johnny Chung Lee.

Motion Sensor

Wiimote ini memiliki sensor gerak yang memungkinkan permainan untuk menggunakan percepatan dari Wiimote untuk mengontrol perangkat lunak. Ini memberikan motion sensing pada tiga sumbu, memungkinkan penggunaan setiap gerakan pengguna sebagai nilai masukan untuk mempengaruhi animasi atau aplikasi.

Speaker

Wiimote berisi speaker sederhana untuk memutar audio.

LED

Empat led digunakan untuk menunjukkan status Wiimote. Led ini digunakan baik untuk memberikan identifikasi dalam kasus penggunaan  multiple Wiimotes, serta untuk menunjukkan bahwa Wiimote terhubung ke sebuah host.

Rumble

Wiimote mendukung fitur rumble dengan cara motor internal yang dapat menghasilkan getaran yang dapat digunakan untuk memberikan umpan balik pengguna yang berlaku pada peristiwa atau tindakan  yang terjadi pada aplikasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s