VIDEO: Bedah Fitur Pemindai Sidik Jari iPhone 5S Bagaimana cara kerja fitur canggih ini? Teknologi apa yang dipakai?

Di post oleh Muhammad Chandrataruna, Amal Nur Ngazis. Rabu, 11 September 2013, 13:22

Sumber : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/443187-video–bedah-fitur-pemindai-sidik-jari-iphone-5s

Touch ID, fitur pemindai sidik jari pada Apple iPhone 5S

VIVAnews – Terjawab sudah. iPhone 5S memang hadir dengan fitur canggih pemindai sidik jari Touch ID, yang terletak pada bagian tombol Home. Sesuai yang dirumorkan sebelumnya.

Dalam presentasi peluncuran produk di California, AS, Rabu 11 September 2013, Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller, menyebutkan, sensor itu meningkatkan keamanan ponsel dibanding dengan fitur keamanan ponsel pada umumnya.

Dilansir PhoneArena, tombol Home iPhone 5S memiliki empat bagian, termasuk sensor Touch ID, yang terletak di bagian tengah.

Permukaan tombol Home paling luar berupa laser kristal safir yang akan melindungi tombol Home dari goresan. Mengelilingi lapisan pertama ini yaitu cincin stainless steel atau disebut deteksi cincin.

Di balik deteksi itu tersembunyi sensor Touch ID yang kemudian terhubung dengan saklar khusus.

Sensor Touch ID disebut sensor yang kapasitif, beresolusi 500 ppi, dan akan memindai bagian lapisan epidermal kulit, yang dapat membaca, meski dengan posisi 360 derajat.

Sensor ini menurut Schiller lebih nyaman dibandingkan otentifikasi dalam bentuk kode sandi yang umum pada ponsel lainnya.

“Cara yang paling umum adalah menggunakan kode kunci, tapi itu terlalu rumit. Gunakan kunci ke mana pun Anda pergi dengan sidik jari,” katanya.

Bagaimana cara kerjanya?

Mulanya, pengguna iPhone sebelumnya harus dipindai sidik jarinya, lantas hasil pemindaian itu disimpan sedemikian rupa dalam perangkat iPhone 5S.

Penyimpanan ini dipastikan aman, karena hasil pindai sidik jari tidak akan bisa diunduh ataupun diunggah ke Internet atau ke iCloud.

Tak hanya satu sidik jari, sensor akan mampu membaca beberapa beragam pola sidik jari pengguna, sehingga ponsel tidak mungkin bisa digunakan oleh orang lain yang memiliki sidik jari berbeda. Jadi, kalau sampai dicuri, pencuri juga tidak bisa apa-apa.

Sensor Touch ID juga memiliki fungsi otentifikasi lain. Misalnya, ketika pengguna ingin melakukan pembelian konten di iTunes, lagu, video, atau apa pun itu. Dengan demikian, pengguna tidak lagi perlu memasukkan password iTunes saat akan membeli konten baru.

Tentu saja, fitur ini membuat privasi pengguna iPhone terjamin. Dan, bukan tak mungkin ini menjadi tren keamanan ponsel ke depan.

Masih sulit membayangkan? Berikut video resmi Apple seputar fitur Touch ID:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s