IMPLEMENTASI BLINKING LED PADA MIKROKONTROLER ATMEGA323 MENGGUNAKAN FREERTOS DAN ECLIPSE

PENDAHULUAN

Kebutuhan manusia akan teknologi saat ini semakin tinggi sehingga menuntut manusia untuk menciptakan suatu teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan manusia. Salah satunya adalah diciptakannya suatu teknologi yang real time. Teknologi ini sangat membantu manusia untuk mempermudah menjalankan suatu aktivitas. Contoh teknologi real time tersebut adalah seperti pengambilan uang di ATM (Automatic Teller Machine).

Pada kesempatan kali ini, akan diimplementasikan sebuah aplikasi teknologi real time yang sangat sederhana yaitu Blinking Smile LED pada mikrokontroler ATMEGA232 menggunakan FREERTOS dan Eclipse. Pada Blinking Smile LED ini terdapat beberapa LED dengan bentuk smile yang dapat berkelip secara bergantian sesuai dengan delay yang telah ditentukan. Aplikasi ini berjalan pada mikrokontroler ATMEGA232 dengan menggunakan FREERTOS dan eclipse.

Capture

LANDASAN TEORI

FreeRTOS

FreeRTOS (Free Real-time operating systems) adalah sebuah rela time operating system untuk embeded devices. freeRTOS ini banyak digunakan oleh microcontrollers untuk kebutuhan sistem operasinya. FreeRTOS didistribusikan secara gratis lewat GPL dengan beberapa pengecualian untuk kalangan industri tertentu. Beberapa varian microcontrollers yang menggunakan FreeRTOS antara lain: ARM architechture, Atmel AVR, AVR32, PIC Microcontrollers, MicroBlaze dan masih banyak lagi.

Yang dimaksud dengan RTOS (Real Time Operating System) adalah sistem operasi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan aplikasi yang bersifat real time. Real time disini berarti ia membutuhkan waktu kinerja setiap saat dimana ia dibutuhkan saat itu juga. Salah satu kunci dari keberhasilan RTOS adalah kemampuannya untuk melakukan kerja secara konsisten baik secara waktu yang ia butuhkan maupun secara task aplikasi yang mampu ia kerjakan.

LED

LED adalah singkatan dari “Light Emitting Diode”. Yang berarti LED adalah perangkat semi-konduktor yang menghasilkan cahaya ketika arus listrik melewati celah antara katoda dan anoda didalam sistem perangkat tsb. LED juga disebut “Solid State Lighting” karena chip LED disolder ke Printed Circuit Board (PCB) dan oleh karena itu tidak memiliki artikel-artikel yang longgar / filamen seperti bola lampu pijar, atau zat beracun seperti gas merkuri pada Lampu Hemat Energy (LHE).

LED telah beredar cukup lama, tetapi baru akhir-akhir ini produsen-produsen LED telah mulai memperluas lini produk mereka dari lampu dioda sederhana, yang digunakan terutama untuk lampu indikator, ke versi yang lebih canggih, lebih efisien dan lebih terang. Dalam dekade terakhir ini, kemajuan teknologi LED telah berhasil membuat LED yang lebih terang dan berdaya lebih tinggi untuk diaplikasikan ke dalam senter, lampu outdoor, lampu mobil, dan sebagainya. Dan hanya baru-baru ini, LED mulai digunakan secara luas untuk keperluan penerangan umum (penerangan dalam/luar ruangan, penerangan komersial, lampu dekorasi, lampu sorot, lampu panggung, dll).

ATMega323

Perangkat ini berisi memori 32KB Flash, dan berisi berbagai macam periperal. Di antara fitur yang lebih menarik adalah : memori Self-programming (pada sasaran Vcc), antarmuka JTAG, 8ch 10-bit ADC, internal yang dikalibrasi RC Oscillator, Empat PWM saluran, Multiplier hardware, timer, interupsi eksternal dan berbagai peripheral lain bisa harapkan dari kinerja tinggi AVR mikro. ATmega323 adalah pin yang kompatibel dengan AT90S8535 dan ATmega163

Perancangan Program

RTOS yang digunakan adalah FreeRTOS, dengan memanfaatkan penjadwalan tugas yang sudah disediakan sistem operasi tersebut.

Pemrograman dilakukan dengan IDE Eclipse C/C++ dengan plugin AVR. Terlebih dahulu perlu dilakukan pengaturan path untuk assembler dan dan direktori compiler.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perancangan program tersebut, dokumen dapat diunduh di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s