PEMBAHASAN APLIKASI VIRTUAL REALITY UNTUK PENDIDIKAN KESEHATAN “Biodigital Human”

Biodigital Human adalah program visualisasi interaktif 3 dimensi meskipun tidak akan sepenuhnya menggantikan cara yang tradisional. Pengguna dapat mengeksplorasi tubuh manusia dengan cara yang tidak biasa dilakukan dengan menggunakan tubuh (mayat). Tidak seperti dengan menggunakan mayat, tubuh digital dapat dieksplorasi berulang-ulang

BioDigital Human adalah aplikasi web online inovatif yang memungkinkan dengan mudah dan tanpa susah payah mengenal tubuh manusia, penyakit dan pengobatan. Dengan antarmuka intuitif 3 dimensi, BioDigital Human memberikan akses yang sebelumnya belum pernah dierikan tentang keajaiban tubuh manusia dan pengobatan. Biodigital human web ini dapat diakses di alamat http://www.biodigitalhuman.com.awal

Jaringan dan organ BioDigital juga diberi label nama bagian tubuh yang dipilih, sehingga pengguna dapat melihat bagaimana bagian-bagian tubuh tersebut berhubungan dengan bagian tubuh lain. Animasi manusia yang yang dapat didekatkan maupun dirotasi juga terhubung dengan sumber-sumber yang bersifat edukasional, misalnya MEDLINE, yang memiliki informasi kondisi medis yang berhubungan dengan suatu objek yang dipilih.

Jika kita pelajar, dokter, atau penggemar kesehatan, BioDigital Human adalah cara terbaik untuk mencari informasi secara cepat tentang anatomi tubuh, tulang, organ, sistem metabolisme, kondisi dinamis, keadaan penyakit dan pengobatan yang kemungkinan dapat dilakukan. Kita dapat membuat tubuh virtual kita sendiri, dengan catatan dan label yang akan membantu kita pada projek yang berhubungan. BioDigital Human memiliki lebih dari 5000 objek anatomi tubuh pria dan wanita, semua dikumpulkan dengan bantuan ahli fisika dan sains. Sebagai bonus tambahan, semua objek memiliki link ke Wikipedia dan entri data NIH , yang menjadi bantuan besar bagi kita yang ingin mempelajari bagian atau objek tersebut.

Untuk membuat ensiklopedia 3 dimensi online kesehatan ini, BioDigital Human menggunakan semua kelebihan komputasi berbasis cloud, teknologi modern dan visualisasi 3 dimensi dengan WebGL.

Program dapat digunakan oleh pasien mengenal tubuhnya lebih baik, selain sebagai  alat promosi untuk meningkatkan minat karir di bidang yang berhubungan dengan sains.

Tabel 1. Fitur BioDigital Human

Fitur BioDigital Human:

  • Eksplorasi Interaktif

:

Mengeksplorasi tubuh virtual dengan interaksi 3 dimensi: objek dapat dicari, diperdekat (zoom), dan dirotasi.
  • Tampilan dapat dikostumisasi

:

Membedah tubuh dan menghasilkan sayatan bedah kita sendiri.
  • Annotated Screenshots

:

Membuat, menyimpan, dan membagi screenshots.
  • Animasi dinamis

:

Menampilkan animasi dinamis kondisi kesehatan dan progres penyakit.
  • Label yang dipersonalisasi

:

Menambah dan menyimpan teks dan label untuk referensi mendatang.
  • Quiz Engine

:

Menguji pengetahuan kita dengan quiz engine.

Dengan kebanyakan tool digital kontemporer, pengguna dapat membagi pemeriksaan virtual dengan teman melalui media sosial, secara potensial mengekstensikan lingkungan kolaborasi di luar ruang kelas.

Untuk pembahasan lebih lanjut, dapat diunduh di sini.

Referensi:

http://www.biodigitalhuman.com

http://web.filehorse.com/webapp-biodigital-human/

http://www.wired.com/wiredscience/2012/04/biodigital-human/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s