Sekilas tentang Jaringan Syaraf Tiruan Elman

Arsitektur:

CapturePada Elman neural network terdapat feedback pada hidden layer. Feedback tersebut berasal dari output pada hidden layer menuju input pada hidden layer itu sendiri dengan nilai bobot yang tidak berubah yaitu satu. Dengan demikian pada Elman neural network terdapat lapisan input tambahan yang disebut lapisan state, yang merupakan activation feedback copy dari hidden layer pada step waktu sebelumnya.
Selanjutnya output dari activation feedback copy tersebut akan menjadi input dari semua neuron pada hidden layer. Umumnya Elman neural network disebut sebagai partial recurrent neural network (PRNN).

Cara Kerja :
Elman neural network umumnya menggunakan fungsi aktivasi tengent sigmoid yang umumnya disebut sebagai tansig pada output dari hidden layer dan fungsi aktivasi purelin pada output dari output layer. Tidak seperti pada backpropagation, pada Elman neural network ini fungsi aktivasi dapat berupa sembarang fungsi, baik yang kontinu maupun yang diskontinu. Neiron pada setiap jaringan ditetapkan cukup banyak, demikian pula jumlah hidden layer juga disesuaikan dengan kompleksitas permasalahan. Delay yang terjadi pada hubungan antara input layer dengan lapisan hidden layer pertama pada waktu sebelumnya (t-1) dapat digunakan untuk saat ini (t).
Dengan demikian apabila kita memiliki 2 jaringan recurrent dengan bobot-bobot awal yang sama dan diberikan pada input yang sama, bisa jadi akan menghasilkan output jaringan yang berbeda.

Aplikasi :
Berdasakan penelitian yang dilakukan oleh Wilson (1993) menyatakan bahwa Elman neural network sangat cocok untuk digunakan dalam aplikasi data forecasting karena pada struktur tersebut mampu beradaptasi terhadap sistem berdinamika cukup tinggi seperti pada pola data non-linier. Selain itu pada struktur tersebut terdapat feedback copy yang berfungsi untuk menyimpan pola data sementara, sehingga dalam pengenalan pola data non-linier dapat dengan mudah dilakukan.
Contoh aplikasi JST Elman antara lain untuk prediksi time series indeks harga saham gabungan.

Sumber :
http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?page=20&submit.x=19&submit.y=26&submit=next&qual=high&submitval=next&fname=%2Fjiunkpe%2Fs1%2Felkt%2F2009%2Fjiunkpe-ns-s1-2009-23405006-11517-elman-chapter2.pdf
http://id.prmob.net/jaringan-syaraf-tiruan/jaringan-saraf/berulang-jaringan-saraf-1039480.html
http://digilib.its.ac.id/fourierrecurrent-neural-network-jenis-elman-untuk-prediksi-time-series-4787.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s