Tahapan Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau Surat Kelakuan Baik (Kota Semarang)

Biasanya untuk melamar pekerjaan pada suatu lembaga atau instansi atau perusahaan dibutuhkan beberapa syarat lamaran atau berkas yang harus dilengkapi, seperti surat lamaran, Curriculum Vitae (CV), serta beberapa salinan (fotocopy) surat-surat lainnya.

Salah satu persyaratan yang sering dibutuhkan adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian ( SKCK ) atau Surat Kelakuan Baik. Berdasarkan pengalaman dari penulis, membuat SKCK tersebut tidaklah sulit. Hanya dibutuhkan beberapa persyaratan berkas yang harus dilengkapi, beberapa formulir yang harus diisi, dan beberapa tahapan atau alur yang harus dilakukan. Pada kesempatan ini, penulis akan berbagi pengalaman bagaimana alur atau tata cara membuat SKCK tersebut khususnya di Kota Semarang.

Berikut tahapan untuk membuat SKCK di Kota Semarang:

1. Membuat surat pengantar dari Ketua RT/RW setempat

Surat pengantar dari RT/RW setempat.

Surat pengantar dari RT/RW setempat.

Untuk membuat surat pengantar dari Ketua RT, bawalah  Kartu Tanda Penduduk (KTP) karena pada surat pengantar tersebut diperlukan Nomor Induk KTP (NIK) kita.

Setelah mendapatkan surat pengantar dari Ketua RT, selanjutnya surat pengantar tersebut ditanda tangani Ketua RW. Jangan lupa untuk memeriksa cap pada tiap tanda tangan Ketua RT/RW.

2. Membuat surat pengantar dari Kelurahan/Kecamatan setempat

Surat pengantar Kelurahan/Kecamatan setempat.

Surat pengantar Kelurahan/Kecamatan setempat.

Setelah mendapatkan surat pengantar Ketua RT/RW selanjutnya adalah membuat surat pengantar dari Kantor Kelurahan dengan membawa surat pengantar dari Ketua RT/RW. Bawalah Kartu Keluarga (KK) dan KTP karena pada surat pengantar tersebut diperlukan NIK KTP dan Nomor KK.

Setelah membuat surat pengantar dari Kelurahan, selanjutnya surat pengantar tersebut ditanda tangani oleh Camat di Kantor Kecamatan setempat. Jangan lupa untuk memeriksa cap pada tiap tanda tangan Lurah dan Camat.

3. Membuat surat rekomendasi catatan kriminal di Kantor Kepolisian Sektor (Polsek) setempat

Surat rekomendasi dari polsek setempat.

Surat rekomendasi dari polsek setempat.

Setelah mendapatkan surat pengantar Kelurahan/Kecamatan selanjutnya adalah membuat surat rekomendasi catatan kriminal dari Kapolres setempat. Syarat-syarat yang harus dibawa:

Persyaratan yang harus dibawa untuk membuat Surat Rekomendasi SKCK dari Polsek. Foto diambil dari Polsek Banyumanik, Semarang.

Persyaratan yang harus dibawa untuk membuat Surat Rekomendasi SKCK dari Polsek.
Foto diambil dari Polsek Banyumanik, Semarang.

-Surat pengantar dari RT/RW, Kelurahan/Kecamatan, dan atau photocopy SKCK lama

– Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar

Photocopy KK sebanyak 1 lembar

Photocopy KTP sebanyak 1 lembar

– Biaya administrasi yang dibutuhkan sebesar Rp 10.000

4. Membuat SKCK di Kantor Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) setempat

Setelah mendapatkan surat rekomendasi catatan kriminal dari Polsek setempat selanjutnya adalah membuat SKCK di Polrestabes setempat. Polrestabes Kota Semarang bertempat di Jalan Dr Sutomo No 19 Kota Semarang. (Depan Paviliun Garuda RS Kariadi Semarang, sebelah lapangan).

Adapun Syarat-syarat yang harus dibawa:

Persyaratan pembatan SKCK di Polrestabes. Foto diambil dari Polrestabes Kota Semarang

Persyaratan pembatan SKCK di Polrestabes.
Foto diambil dari Polrestabes Kota Semarang

Persyaratan pembuatan SKCK Baru/Perpanjangan SKCK lama. Foto diambil di Polrestabes Kota Semarang.

Persyaratan pembuatan SKCK Baru/Perpanjangan SKCK lama.
Foto diambil di Polrestabes Kota Semarang.

– Surat rekomendasi catatan kriminal dari (Polsek) setempat dan atau photocopy SKCK lama

– Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar

Photocopy KK sebanyak 1 lembar

Photocopy KTP sebanyak 1 lembar

Photocopy Paspor (bagi yang akan ke luar negeri)

– Biaya administrasi yang dibutuhkan sebesar Rp 20.000 (Biaya untuk pemeriksaan sidik jari Rp 10.000, biaya untuk administrasi SKCK Rp 10.000)

Setelah kita menyerahkan berkas, kita akan diminta untuk mengisi beberapa formulir. Pengisian formulir berisi seputar tentang identitas diri seperti tempat/tanggal lahir, identitas keluarga kandung, tempat tinggal, pekerjaan, riwayat pendidikan dari SD, SMP, SMA, hingga Perguruan tinggi, riwayat pekerjaan, riwayat kriminal, ciri-ciri fisik, dan lain-lain.

Setelah melakukan pengisian formulir, kita akan diminta untuk melakukan pemeriksaan sidik jari. Kemudian kita menyerahkan berkas tersebut dan diminta untuk menunggu kurang lebih selama 15 menit dan akhirnya jadilah SKCK yang kita buat.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

One thought on “Tahapan Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau Surat Kelakuan Baik (Kota Semarang)

  1. Pingback: Being A Job Hunter – Part I | Jejak Sekolahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s