Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan Di sela-sela Kesibukan Kamu Sebagai Mahasiswa Tingkat Akhir

Lulus adalah dambaan setiap mahasiswa terlebih mahasiswa tingkat akhir dengan seabrek catatan-catatan revisian dari dosen pembimbing. Title sebagai mahasiswa tingkat akhir pasti ingin cepat-cepat kamu copot secepat mungkin karena kamu sudah mulai muak dengan tatapan mata dari adik-adik tingkat yang seolah-olah berkata,”Nih orang angkatan berapa sih, perasaan ada mulu di kampus kagak lulus-lulus.” Well, apapun itu, kamu tetap harus bisa memanfaatkan waktu kamu sebagai mahasiswa tingkat akhir yang produktif! Selain merevisi laporan skripsi kamu, ada baiknya kamu melakukan hal-hal positif ini.

1. Persiapkan diri kamu setelah lulus nanti

Persiapkan apa yang dilakukan setelah lulus nanti Persiapkan apa yang dilakukan setelah lulus nanti

Persiapkan apa yang dilakukan setelah lulus nanti

Saat kamu menjadi mahasiswa tingkat akhir, pergunakan waktumu untuk berfikir. Selain memikirkan tentang revisian skripsi, sebaiknya kamu juga memikirkan tentang hal-hal kecil yang akan kamu lakukan setelah lulus nanti. Jangan sampai setelah kamu lulus, kamu masih belum tahu kemana arah tujuanmu selanjutnya. Apakah ingin bekerja, berwirausaha, melanjutkan S2, atau ingin menikah saja. Walaupun title mahasiswa tingkat akhir kamu telah gugur setelah kamu lulus nanti, title selanjutnya yang akan menggantikan title mahasiswa tingkat akhir juga harus kamu pikirkan.

2. Mencari informasi beasiswa S2

Cari informasi seputar beasiswa S2. Sumber: www.memobee.com

Cari informasi seputar beasiswa S2. Sumber: http://www.memobee.com

Kalau kamu berencana untuk melanjutkan kuliah kamu ke jenjang yang lebih tinggi, sebaiknya kamu sudah menggali  dan mengumpulkan banyak informasi mengenai beasiswa-beasiswa yang diadakan oleh lembaga, instansi, maupun universitas tertentu sedini mungkin terlebih kalau kamu ingin study abroad. Agar kamu tidak melewatkan berbagai kesempatan emas tersebut, kamu harus rajin-rajin mencari informasi serta membuat target kapan kamu harus menyelesaikan studi kamu saat ini. Selain itu, kamu juga sudah memiliki setidaknya bayangan persyaratan-persyaratan berkas apa yang harus dipersiapkan.

3. Ambil kelas kursus bahasa asing

Mengambil kursus bahasa asing. Sumber: simix.wordpress.com

Mengambil kursus bahasa asing. Sumber: simix.wordpress.com

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, bisa jadi kamu tidak terlalu sibuk untuk melakukan kegiatan perkuliahan karena seluruh nilai mata kuliah kamu sudah baik. Manfaatkan waktumu tersebut dengan mengikuti kursus bahasa inggris, mandarin, jepang, atau bahasa asing yang lain. Selain bermanfaat, dengan mengikuti kursus bahasa asing dapat mendukung kemampuanmu untuk melanjutkan sekolah S2 di negara yang kamu minati Dan bila kamu berniat untuk bekerja setelah lulus nanti, kursus bahasa asing juga dapat menaikkan score level kamu di poin bahasa asing yang kamu kuasai dan itu menambah poin tersendiri buat kamu.

4. Apply di perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan magang untuk mahasiswa tingkat akhir

Magang di salah satu perusahaan. Sumber: lokamonitorbjm.blogspot.com

Magang di salah satu perusahaan. Sumber: lokamonitorbjm.blogspot.com

Untuk urusan yang satu ini, kamu perlu mempertimbangkannya. Karena bukan suatu hal yang mudah membagi waktumu untuk revisian skripsi dan untuk bekerja di perusahaan yang telah menerimamu sebagai peserta magang. Konsekuensinya, kamu akan kehilangan beberapa waktumu untuk skripsi. Namun keuntungannya selain menambah uang saku, memiliki pengalaman magang memiliki poin tersendiri untuk kamu yang memutuskan untuk bekerja setelah lulus nanti. Selain itu juga tidak menutup kemungkinan apabila kinerjamu bagus saat menjadi anak magang, kamu akan diangkat sebagai pegawai apabila kamu telah lulus nanti.

5. Cari informasi mengenai lowongan pekerjaan di berbagai perusahaan

Mencari info lowongan pekerjaan. Sumber: news.okezone.com

Mencari info lowongan pekerjaan. Sumber: news.okezone.com

Apabila setelah lulus kuliah kamu berencana untuk bekerja, tidak ada salahnya kamu mencari informasi-informasi lowongan pekerjaan. Mungkin juga kamu bisa mencoba untuk apply pekerjaan tersebut. Karena ada beberapa perusahaan yang memperbolehkan pelamar kerja dalam posisi mahasiswa tingkat akhir yang memiliki target tanggal kelulusan. Apabila kamu sesuai dengan kriteria persyaratan pelamar pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan, kamu akan diundang untuk mengikuti beberapa tes seleksi pekerjaan. Hal itu dapat menambah pengalamanmu dan tentunya mengasah skill-mu dalam mengikuti tes seleksi pekerjaan selanjutnya. Atau bisa jadi kamu lolos di perusahaan tersebut dan perusahaan itu mau menunggu kamu sampai kamu lulus untuk menjadi karyawan di perusahaannya.

6. Transfer ilmu ke adik-adik tingkat di kampus

Transfer ilmu dalam acara pelatihan-pelatihan di kampus

Transfer ilmu dalam acara pelatihan-pelatihan di kampus

Tidak selamanya title mahasiswa tingkat akhir itu membuatmu malu akan adik-adik tingkatmu. Yang harus kamu lakukan dalam konteks sebagai kakak tingkat yang baik adalah melakukan transfer ilmu kepada mereka. Alangkah baiknya kamu mengisi dan memanfaatkan waktu luangmu untuk hal yang positif seperti menjadi asisten dosen yang membantu dosen mengajar perkuliahan atau sekedar sharing untuk menjadi pembicara di suatu seminar edukatif tingkat jurusan. Bukan hal yang tidak mungkin apabila kamu sering tampil di kampus untuk mengisi acara-acara edukatif dan beberapa dosen memperhatikanmu, kamu akan direkomendasikan untuk menjadi dosen di sana setelah kamu lulus. Tentunya kamu juga harus menempuh jenjang S2 terlebih dahulu.

7. Quality time bersama teman-teman

Quality time bersama teman-teman

Quality time bersama teman-teman

Momen-momen bersama teman dan sahabat semasa kuliah merupakan momen yang tak terlupakan. Jangan pernah melewatkan momen tersebut karena kamu terlalu sibuk dan fokus dengan laporan skripsimu. Berkumpul untuk sekedar melepas penat bersama teman-teman tidak ada salahnya. Asal kamu tahu seberapa besar porsi yang harus diberikan untuk refreshing dan porsi untuk laporan skripsi kamu. Kelak saat kamu sudah lulus dari kampus kamu saat ini, kamu pasti akan merindukan momen-momen saat berkumpul dengan teman dan sahabat kamu semasa kuliah. Pasti. Jadi, manfaatkan waktumu selagi kamu belum lulus!😀

8. Jalin relasi seluas-luasnya

Menjalin relasi seluas-luasnya. Sumber: Instagram.com/taufikarahmat

Menjalin relasi seluas-luasnya. Sumber: Instagram.com/taufikarahmat

Selama kamu menjadi mahasiswa, kamu bukanlah mahasiswa yang berprestasi. Kamu adalah mahasiswa yang biasa-biasa saja. Mahasiswa yang sehari-harinya hanya berkutat pada kos-kosan, kampus, warteg, coffee shop, dll. Bukan mahasiswa yang aktif di organisasi, bukan pula mahasiswa yang memiliki bakat maupun hobi yang berarti. Nah, saat-saat menjadi mahasiswa tingkat akhir-lah merupakan saat-saat dimana kamu masih ber-title sebagai mahasiswa. Kamu masih punya waktu untuk berteman, berbagi, ataupun mencoba hal-hal yang mungkin kamu ingin lakukan setelah kamu lulus nanti. Kamu masih punya waktu untuk berkumpul dengan semua teman-temanmu dari temanmu yang biasa saja seperti kamu hingga mahasiswa berprestasi dan mahasiswa yang aktif organisasi. Kamu juga masih bisa mengobrol dengan dosenmu untuk sekedar berbagi keluh kesahmu tentang skripsi ataupun tentang dunia luar setelah kamu lulus nanti.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan di sela-sela kesibukan kamu sebagai mahasiswa tingkat akhir. Seluruh kegiatan yang kamu lakukan, lakukanlah dengan hal-hal yang berbau positif. Jangan sampai kamu terlena akan indahnya menjadi mahasiswa tingkat akhir. Karena waktu tidak akan bisa diulang dan penyesalan pasti datang di saat-saat terakhir, jadi manfaatkanlah waktu yang kamu punya dengan sebaik-baiknya. Semangat!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s